Di Setiap Kebaikan Selalu Ada Pamrih (?)

Pernahkah kamu menerima kebaikan dan bertanya-tanya mengapa seseorang berbuat baik kepadamu dan mulai mencurigai apakah ada pamrih di balik kebaikannya itu?

Pernahkah kamu merasa kesulitan lalu ditolong orang asing yang tidak kamu kenal sama sekali dan mulai mencurigai apakah ada agenda tersembunyi di balik pertolongannya itu? 

Jika pernah, mungkin sudah saatnya kamu harus mulai mengubah pola pikir itu karena ada kalanya seseorang berbuat baik karena dia memang diajarkan untuk selalu menyebar kebaikan. Hanya itu. 

Terlahir sebagai muslim, aku selalu didoktrin untuk berbuat kebaikan. Mulai dari pelajaran agama di sekolah sampai ke ceramah-ceramah agama yang kuikuti, semua mengajarkan tentang kebaikan. Memang gak bisa dipungkiri, ada pamrih atas semua kebaikan. Surga. Itu pamrihnya. Hanya itu. 

Aku gak bilang aku sudah sempurna dalam berbuat baik. Tapi aku sangat sedih ketika perbuatan baik yang kulakukan dicurigai oleh orang yang menerima kebaikan itu dan orang itu mulai bertanya-tanya, apa ya kira-kira yang kuharapkan sebagai imbalan baliknya? Ada udang di balik bakwan?

Setiap kebaikan membawa kebahagiaan tersendiri dalam hati. Aku gak mau pamer sebenarnya. Tapi aku bahagia ketika membayangkan uang yang kutransfer ke Rumah Zakat atau PKPU setiap bulan, yang jumlahnya tidak seberapa itu, akan bermanfaat besar bagi orang yang tidak mampu. Aku bahagia ketika membayangkan uang yang kukirim untuk Gerakan Indonesia Mengajar setiap bulan bisa digunakan untuk kegiatan mengajar di daerah pelosok. Aku bahagia membayangkan barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi dikumpulkan dan disumbangkan ke daur ulang Tzu Chi bisa bermanfaat untuk orang lain. Aku bahagia ketika mengikutkan asistenku kursus jahit untuk bekal masa depannya nanti. Aku bahagia ketika … hmmm terlalu banyak kebahagiaan yang kusebutkan malah akan membuat batal masuk surga deh karena jatuhnya jadi pamer. Tapi semua itu kusebutkan hanya untuk menunjukkan kebaikanku hanya berpamrih satu. Kebahagiaan membayangkan surga. 

Selamat Hari Raya Idul Adha!
 

Happiness is ours!

 

5 thoughts on “Di Setiap Kebaikan Selalu Ada Pamrih (?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s