Arti Sebuah Kata Maaf

Tadinya aku pikir kata “maaf” hanya mempunyai satu arti yaitu sebuah penyesalan bahwa kita telah melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan bagi orang lain. Sehingga otomatis permintaan maaf yang tulus seharusnya diiringi dengan perbuatan, yaitu tidak mengulangi apa yang kita minta maafkan. Ternyata aku salah!

Kata “maaf” rupanya mempunyai arti lain yang cukup berbeda. Coba liat kutipan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ini. Perhatikan yang nomor 3 ya.

ma·af n 1 pembebasan seseorang dr hukuman (tuntutan, denda, dsb) krn suatu kesalahan; ampun: minta maaf; 2 ungkapan permintaan ampun atau penyesalan: maaf, saya datang terlambat; 3 ungkapan permintaan izin untuk melakukan sesuatu: maaf, bolehkah saya bertanya;

Di kamus Oxford juga ada. Lihat poin no. 2:

sorry – 1) Feeling regret or penitence:
he said he was sorry he had upset me
I’m sorry if I was a bit brusque

2) Used as a polite request that someone should repeat something that one has failed to hear or understand:
I’m sorry—you were saying?

Gara-gara baca kamus ini, jadi wajar saja kupikir sekarang kalo ada orang yang dengan entengnya bisa mengucapkan maaf berulang-ulang tapi masih juga melakukan hal yang sama. Karena berarti kata “maaf” yang diucapkannya bukan bermakna penyesalan sama sekali. Melainkan, hanya “permisi” bahwa dia akan melakukan hal tersebut.

Wow! Jadi enak dong ya misalnya kalo ada orang menyerempet mobil orang lain terus dia cukup bilang “maaf saya menyerempet”. Besok serempet lagi aja gak papa. Kalo misalnya ditanya “Loh kemarin sudah minta maaf kok sekarang diulangi lagi?” Dia cukup bilang “Iya, kemarin itu maaf yang saya maksud adalah: permisiii saya mau nyerempeeeet”.

Preeeeettt!

IMG_6595.JPG

2 thoughts on “Arti Sebuah Kata Maaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s