Tips Jika Anak Suka Menghancurkan Mainan

Rifky termasuk anak yang suka banget mainan mobil-mobilan. Tapi bukan mobil-mobilan biasa. Yang lebih disukainya adalah mobil habis tabrakan. Mobil yang bisa dilempar. Mobil yang bisa diterbangkan.

Sounds familiar?

Iya, aku pikir anakku yang ganteng itu satu-satunya anak di dunia yang suka menabrak-nabrakkan mobilnya sampai gepeng. Tapi ternyata ketika ngeliat Rifky search di Youtube menggunakan keyword ‘car crash’ banyak banget video anak-anak main mobil sambil ditabrak-tabrakkan. Bahkan bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak kok.

Sebelumnya kami suka membelikan mobil-mobilan yang built in. Tapi lama-lama sayang juga yah begitu dimainkan Rifky dengan episode “Fast and Furious 7” mobilnya jadi hancur sampe ada yang gak bisa dimainkan lagi.

Korban stuntcars Rifky, mulai dari mobil Land Rover yang berubah menjadi mobil bak, Alphard yang berubah jadi bus wisata tanpa atap sampai VW kodok yang tinggal kerangka saja:

20140419-163958.jpg

Kalo yang pernah aku baca, anak suka menghancurkan mainan itu didorong oleh rasa ingin tau yang besar, apa yang terjadi jika mobil ini tabrakan? Apa akibatnya jika dilempar ke kakak (apakah dilempar balik, hahaha)? Bagaimana memperbaikinya? Jadi anak dengan tipe seperti ini justru berbakat jadi tukang insinyur loh.

Nah alih-alih memarahi anak sebagai orang tua kita justru seharusnya mendukung anak. Tapi bukan … bukan dengan cara mengarahkannya melempar mobil-mobilan ke rumah tetangga yang suka bising karaokean. Bukan juga dengan memintanya menabrakkan mobil mainan ke mobil sungguhan.

Caranya adalah dengan membelikan mobil yang bisa bongkar pasang. Merk yang jadi andalan kami adalah Lego. Merk ini sudah terbukti kuat. Mau dibanting berkali-kali pun masih utuh. Paling yah, bopeng sikit aja. Tentu saja karena ketika ada benturan balok-baloknya langsung berlepasan jadi tenaga benturannya gak makan balok itu sendiri.

Sebagian koleksi Lego Rifky:

20140419-164256.jpg

Jadi anak diarahkan untuk membangun mobil dulu. Ketika anak habis main tabrak-tabrakan ajaklah untuk memperbaikinya atau membangun ulang kembali. Tentu saja kita bisa sisipkan nasihat bahwa beginilah akibatnya kalo mengemudi mobil secara ugal-ugalan. Hancur kan?

Mobil favorit Rifky:

20140419-164355.jpg

Sejauh ini minat Rifky untuk bongkar pasang mobil masih cukup besar. Nanti kalo udah besar bikinin Mama mobil listrik yah!

20140419-164450.jpg

4 thoughts on “Tips Jika Anak Suka Menghancurkan Mainan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s