Mari Selamatkan Hutan Mangrove

Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak pada garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.
Salah satu fungsi utama hutan bakau atau mangrove adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan, serta meredam gelombang besar termasuk tsunami.
(Sumber: Wikipedia)

Nah, jadi sudah tahu kan kegunaan hutan mangrove yang sangat krusial ini?
Kebetulan Selasa kemarin ada kegiatan field trip sekolah Nadya mengunjungi hutan mangrove di Kampung Nelayan Belawan, sekitar 1,5 jam dari sekolahnya. Aku ikutan mengantar Nadya sampe ke sana dan melihat-lihat hutan bakau. Cantik!
Yayasan yang mendampingi kegiatan field trip ini adalah Yagasu, NGO yang memperhatikan lingkungan (www.yagasu.org).

Dari kunjungan ini aku sempet bertanya-tanya sendiri, apa sih yang sebenarnya bisa kita lakukan untuk menyelamatkan hutan mangrove? Iya, kita-kita penduduk kota yang tidak tinggal di sekitar hutan mangrove. Kalo memang tinggal di sekitar hutan ya jelas, jangan tebangi hutannya kan. Kalo tinggalnya di kota?

Dari pengamatanku saat itu, masih banyak sampah yang beredar di sekitar hutan, yang terbawa oleh air sungai. Nah, jadi kalo gak sempat jadi aktifis dan ikut gerakan menanam pohon bakau, paling nggak yang bisa kita lakukan adalah tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke sungai. Sesederhana itu aja kali ya.
Oh ya, ada satu lagi. Menyebarkan info ini seluas-luasnya, sapa tau ada yang mau bergabung jadi aktifis lingkungan. Infonya juga Yagasu akan membuat semacam ekowisata paket hutan mangrove. Jadi cek aja di web sitenya yah.

Ini oleh-oleh fotonya:
Memasuki stasiun riset Yagasu:

20140206-211433.jpg

Nelayan:

20140206-212027.jpg

Sampah plastik nyangkut di pohon:

20140206-212850.jpg

Naik boat odong-odong menuju hutan:

20140206-213424.jpg

Bersiap-siap pulang:

20140206-213605.jpg

20140206-213646.jpg

Di daunnya bisa ada kristal putih garam!

20140206-213914.jpg

6 thoughts on “Mari Selamatkan Hutan Mangrove

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s