Amankah Beli Emas Antam Via Delivery Order Service?

Gara-gara di kota Medan tidak ada cabang Antam dan kalaupun ada toko emas yang menjual emas Antam (cari aja di toko-toko emas di Sun Plaza) harganya bisa lebih mahal 1 – 2% jika dibandingkan dengan harga resmi di web site, gw jadi tertarik ingin mencoba pembelian emas Antam langsung dari Antam Jakarta secara Delivery Order Service. Pernah dengar? Iya, tadinya gw bayangkan kayak mesen KFC via telepon saja.

Halo? Bisa pesen delivery emas, mbak?
Mas Joko atau mas Bambang, Tan?
Loh, ini delivery order service Antam kan?
Bukan, ini layanan pesan antar gigolo, Tan.
Maaf, salah sambung!

Halo? Bisa pesen delivery emas, mbak?
Mau pesan berapa kilogram, Bu?
Satu, mbak. Satu. Gram. Saja. Lu kate gw mesen gurame ape?
Tidak mau tambah dengan perak?
Nggak, emas saja.
Bagaimana dengan dinar?
Nggak, emas saja.
Mau sekalian pesan CD musiknya Bu?
Nggaak mbaaak … saya cuma mau emas!

Sebenarnya dari beberapa bulan lalu layanan ini gw sudah baca di web site-nya. Tapi masih belum punya keberanian yang cukup untuk mencoba. Ehm. Iyaaa cuma ngeles, sebenarnya alasan mendasar adalah uangnya yang belum cukup, hue hue hue. Mo korupsi ntar ditangkep KPK. Lagian apanya yang bisa gw korupsi dari kantor gw, mouse rusak?

Alhamdulillah, kemarin my hubby dapat rezeki lebih. Setelah googling sana sini baca ulasan mengenai layanan pesan antar Antam baik di media massa online maupun blog pribadi akhirnya minggu lalu gw beranikan diri untuk mencoba. Ternyata pesan antarnya via sms atau email, bukan lewat telepon. Syukurlah, gw bisa terhindar dari marabahaya salah sambung seperti di atas tadi. Untuk prosedur lengkap pemesanan klik di sini.

Hari pertama gw coba kirim email, gak ada balasan. Hari kedua kirim sms, masih gak ada balasan. Loh, piye iki. Pikir-pikir, mungkin gw mengirimnya terlalu siang (jam 12), jadi stok atau nomor antriannya sudah habis. Esoknya gw kirim sms pagi-pagi jam 8. Eh, dibalas! Tapi sayangnya gw terlambat menyadari kalau gw mencantumkan alamat pengiriman ke rumah. Daripada nanti jadi masalah karena emas diantar ke rumah pas gw sedang kerja, gw kirim sms ulang dengan mencantumkan alamat kantor. Sms gw yang ini gak dibales. Lagi-lagi mungkin karena sudah kesiangan (jam 10). Besok pagi jam 8 dicoba lagi, Alhamdulillah dibalas. Uang gw transfer ke Virtual Account (VA) Bank Permata lewat internet banking. Ohya, sebagai bukti layanan ini aman dan sah, VA-nya langsung atas nama kita sendiri loh. Tapi anehnya ada error waktu gw coba transfer pake internet banking Permata, seolah-olah account tidak ada karena jika dicoba account lain gak ada masalah. Alhasil, gw pake ibanking BNI; kena charge 17.500 untuk biaya RTGS. Setelah itu bukti transfer gw kirim via email. Gak lama dapet sms lagi bilang transfer gw sudah diterima dan produk akan gw terima paling lambat 5 hari kerja.

Bukan, ini bukan gambar emas yang gw beli *ngarep.com*

Bukan, ini bukan gambar emas yang gw beli *ngarep.com*. Gambar diambil dari Antam

Dan menantilah gw dengan H2C …

Kalau dihitung dari Senin, hari gw mendapat sms, berarti paling lambat Sabtu emas akan gw terima. Sampai Jumat emas belum datang. Jangankan mas Antam, mas Dono pun gak nampak batangnya. Gw mulai was was. Tapi tetap berusaha tenang dan tidak panik, karena gw percaya dengan keamanannya.

Bukan ... bukan sebesar kotak ini juga emas yang gw beli

Bukan … bukan sebesar kotak ini juga emas yang gw beli *ngarep jilid 2.com*

Dan tibalah hari Sabtu ceria jam 8 pagi. Pak Man sang jendral opas mengantar sebuah kotak besuarr ke meja gw. Alhamdulillah … yang dinanti-nanti telah tiba! Kotaknya besuaar, tapi isinya kecil. Hihihi … gw berasa buka semacam kado kejutan. Dalam kotak besar di foto atas ada kotak kecil melintang diagonal (supaya gak goyang-goyang). Dalam kotak kecil ada plastik. Dalam plastik ada amplop. Dalam amplop ada plastik kecil yang ada di foto bawah. Dalam plastik kecil inilah sertifikat dan emasnya bertahta.

Sayangnya paket gak diantar langsung ke gw dan KTP penerima tidak diperiksa untuk memastikan gw yang menerimanya langsung. Tapi mungkin dalam hal ini, satpam kantor yang tidak memperbolehkannya masuk. Di dalam paket disertakan juga kuitansi dari Antam. Ongkir Jakarta ke Medan Rp121.000 (termasuk pajak). Jadi jika dihitung lagi masih lebih murah pesan antar daripada beli di toko emas di Medan. Bisa menghemat ratusan ribu🙂

Iya, yang kecil dalam plastik ini emasnya.

Iya, yang kecil dalam plastik ini emasnya.

Gw puas dengan layanan Antam ini. So, why don’t you try it?

Moral of the story: daripada ikut-ikutan Raihan Jewellery yang notebene emas jadi-jadian atau investasi bodong lainnya yang jelas-jelas berskema Ponzi, mending beli emas beneran deh!

Update 16-05-2013: Ternyata untuk melakukan pembayaran Virtual Account di internet banking Bank Permata menu yang dipilih seharusnya Pembayaran>Pembayaran Tagihan>Buat Pembayaran Virtual Account, jadi bukan menu Transfer.

16 thoughts on “Amankah Beli Emas Antam Via Delivery Order Service?

  1. Mau share mba maya🙂
    Dulu waktu masih di Jakarta aku beli emas antam delivery tapi bukan dari antam-nya, tapi dari surabaya bisa buka dari web http://www.emas24karat.com.
    Awalnya juga degdegan karena tetep ajah kita transfer duit ke pihak yang sama sekali kita ndak kenal dan nilainya ndak sedikit🙂, dan kalau barang ada, Surabaya-Jakarta kalau kita melakukan transaksi dibawah jam 11 pagi, besoknya setelah jam makan siang udah nyampe, jadi cepet dan ndak buat degdegan yang lama, hehehe..

    • thank you sharing-nya, moris … saya dulu juga pernah mau coba dari web site itu, tapi gak berani. harga di web site itu harga emas antam? kok bisa lebih murah yah dibanding web site antam sendiri?

      • Aku juga ndak tau mba kenapa bisa lebih murah disitu, cuma kadang2 emang barangnya kosong. Pernah 1 waktu harga emasnya turun bgt, moris tanya ternyata barangnya kosong, cuma dia bilang transfer ajah dulu dengan harga yang sama kalau barang udah ada ntar dia kirim, awalnya ragu2, tapi karna udah beberapa x belanja dan mikirin lumayan lagi turun ya udah brani transfer *modal nekat sich namanya*, tapi Puji Tuhan dalam waktu seminggu eh barangnya udah nyampe kantor ajah, hihihi…

  2. Ini bener kekirim kan ya..soalnya gw juga lg pesen dr hari selasa kemarin..tp sampai jumat ini belum ada kabar nya..agak h2c juga sih soalnya contact centernya ga pernah bisa dihubungi..

    • Iya, Alhamdulillah emas yang saya pesan sampai dengan selamat. Ditunggu aja sampai 5 hari, mudah-mudahan senin depan sampe kan?

  3. Yg bikin h2c karena contact centernya ga pernah bisa d hubungi..biarpun ga banya belinya..tp ttp cemas juga sih..heheheh

    Nomor contact centernya apa cuma ada 1 ya?
    Setiap d telp selalu nada masuk dan tidak terangkat..

    • Alhamdulillah …
      Oya, mengenai nomor telpon, gw kurang tau juga soalnya waktu pertama kali beli itu gak menghubungi Antam via telpon. Ini gw lagi nungguin juga nih, mesennya Rabu minggu lalu. Mudah-mudahan besok sampai …

  4. makasi ya infonyaa..
    aku udah coba..tgl 24 juni pagi jam 9 aku sms, lgsg dpt balesan dari antamnya.. stelah itu aku transfer ke nomor yang dikasi, lgsg dpt respon balasan sms kalo transferan aku udah masuk. aku transfer via inet banking mandiri, lewat menu transfer online (jaringan atm bersama)..bukti transfer aku imel ke alamat yang dikasi, dan langsung dapet balasan. di imel disebutkan kalo estimasi pengiriman 7 hari kerja. tapi tadi pagi tanggal 27 juni sekitar jam 9an, kurirnya dateng nganterin pesenanku. alhamdulillah.. gampang dan cepat nih…

    • sama-sama … alhamdulillah memang gampang dan aman. mudah-mudahan timbunan emasnya tambah banyak, hihihi … sekarang sudah turun lagi tuh harga emas. hayuk beli lagi!😀

  5. Pingback: Memanfaatkan Teknologi Untuk Kemudahan Hidup | The Chronicle of Wiek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s