Mengurus Roya Sendiri di BPN Tanpa Calo itu Mudah dan Cepat

Bagi yang KPR (Kredit Pemilikan Rumah) di sebuah bank kemudian telah melunasinya, maka ada satu hal yang perlu dilakukan pemilik sertifikat yaitu roya atau pelepasan hak tanggungan, sebagai tanda sertifikat tanahnya sudah tidak disekolahkan lagi. Termasuklah gw sebagai salah satunya. Yaaayyy … rumah kami sudah gak bunyi-bunyi diittt-diittt lagi! Sewaktu mengurus administrasi pelunasannya di bank, berhubung masih awam gw tanya-tanya ke si bapak di bank mengenai roya dan menurut beliau kita bisa mengurus sendiri di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Medan atau bisa menggunakan jasa notaris.

Penasaran dengan seluk beluk tata cara administrasi BPN, gw berusaha mencari tau di google bagaimana cara mengurusnya sendiri. Gw akhirnya menemukan blog pengalaman pribadi orang yang mengurus roya sendiri langsung (bisa lihat di munjalindra[dot]com) dan sepertinya cukup simpel. Menantang!

Tampak dari jalan, no clue at all!

Maka dimulailah perjalanan gw menyusuri liku-liku BPN – mumpung gw waktu itu masih cuti nemenin Rifky di hari-hari pertama SD-nya. Di web site-nya lokasi BPN Medan terletak di Jl. AH. Nasution Pangkalan Masyhur. Tapi hati-hati jangan terkecoh dengan petanya. Di web site itu ditampilkan foto tampak depan BPN. Tapi sesunggguhnya papan nama dan kantornya berada di balik beberapa kantor lain, sehingga BPN-nya sendiri tidak tampak dari jalan besar. Gw sempet bolak-balik 2 kali menyusuri jalan AH Nasution dan mencari bentuk kantor ataupun papan nama yang sesuai gambar, tapi tanpa hasil. Kali ketiga feeling gw mengatakan kantornya berada di dekat-dekat sebuah gedung bertuliskan Dinas Tata Ruang Kota, yang juga berdampingan dengan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, karena atapnya mirip. Gw turun dari mobil dan menanyakan ke satpam, ternyata benar gedung BPN ada di bagian belakang … *kok bersembunyi yah, apa takut dicariin Ayu Ting Ting?*

Bayangan gw tentang sebuah kantor pemerintahan yang banyak meja dengan pegawai-pegawainya sibuk baca koran seperti pernah gw jumpai di sebuah kantor kelurahan ternyata salah.

Lobby BPN

Lobi Kantor Pertanahan Medan sudah cukup modern, sudah hampir menyerupai lobi sebuah bank. Ada mesin nomor antrian, ada loket, ada kasir, ada kursi tunggu, ada satpam juga. Kemudian banyak tulisan-tulisan berisi informasi mengenai layanan yang disediakan, bahkan banyak tulisan di sana sini mengingatkan tidak perlu ada uang suap, ataupun tidak perlu pakai calo. Selain infrastrukturnya, belakangan gw merasakan layanannya pun profesional, layaknya di bank juga.

Pertama-tama gw ke koperasi yang loketnya di gedung bagian luar, membeli map roya. Harganya 6 ribu. Di dalamnya ada selembar formulir yang harus diisi. Masuk ke dalam gedung, mengambil nomor antrian loket roya (ada beberapa loket dengan layanan berbeda) yang mesin antriannya terletak di muka pintu. Berkat datang pagi (8.30), gw mendapat nomor 1. Tapi walaupun pegawainya sudah ada di tempat, herannya nomor antrian gw belum dipanggil juga. Atas saran seorang ibu yang sama-sama menunggu dan beliau sudah lebih dulu mengurus roya juga, gw samperin aja loketnya dan menginformasikan kalo gw mau mengurus roya. Eh, langsung dilayani. Setelah memeriksa 4 dokumen lampiran yaitu sertifikat tanah asli, sertifikat hak tanggungan asli, surat permohonan roya dari bank asli dan fotocopy KTP, pegawainya menyerahkan kembali map itu yang telah dibubuhi keterangan biaya yang harus dibayar dan meminta gw mengambil nomor antrian loket kasir.

Setelah mengambil nomor antrian loket kasir, gw ke loket kasir membayar 50.000 untuk biaya resmi pengurusan roya. Setelah itu gw disuruh menunggu pembuatan kuitansinya. Gak sampe 10 menit nomor gw dipanggil lagi. Lalu gw diberi dua lembar dokumen, yaitu kuitansi dan tanda terima dokumen, semuanya hasil cetakan komputer. Kedua lembar itu tidak boleh hilang dan harus dibawa sewaktu mengambil sertifikat setelah kelar nanti.

Selesai!

Hampir tak percaya, gw sampe harus bertanya secara eksplisit ke ibu pegawai, apakah proses pengurusannya memang sudah selesai, sampai di sini sajakah? Kok gak terasa? Yang lebih lama dwoonngg *ngenyek* … Sang ibu meyakinkan gw sambil mengguncang bahu gw bahwa memang hubungan kami cukup sampai di sini. Sayonara, sampai berjumpa lagi.
Jadi, total waktu: 30 menit saja. Total biaya: 56.000 saja.
What a surprise!

Menurut informasi pegawainya, dokumen diperkirakan selesai dalam waktu 7 hari (dalam papan pengumumannya 5 hari sih). Di dalam kuitansi juga telah dicantumkan cap stempel berisi nomor telepon yang bisa kita kirimi sms untuk menanyakan status dokumen. Wow! Sudah cepat, transparan pula.
Ohya sebagai informasi tambahan layanan kantor buka sekitar jam 8.30, tutup jam 4. Istirahat siangnya dari jam 12 sampai jam 2. Sementara Sabtu tutup.

Gw merasa bersalah sudah salah duga sebelumnya tentang BPN. Tadinya gw perkirakan urusan akan makan waktu hitungan jam. I love you, BPN!

16 thoughts on “Mengurus Roya Sendiri di BPN Tanpa Calo itu Mudah dan Cepat

  1. knp semdh itu..trs bgmn dg bpn di samarinda kaltim..sudah 2 bulan berkas pengajuan roya sy blm di proses. Ada apa dg bpn kaltim

    • Teryata syarat2 sy blm lengkap..mksh bpn skrg sy py sertifikat rumah walau masih hgb gmn cara naikan ke hm ya?… Mksh infonya

      • pak hari, waktu itu saya mengurus pengubahan hgb ke shm lewat notaris, karena sekalian urus kprnya. tapi waktu di bpn sempet baca ada juga sih cara mengurusnya, tapi gak terlalu rinci. Tanya langsung ke BPN aja kali ya pak?

  2. oo beruntungnya … sayang sekali di BPN cikarang tidak ada antrian yg teratur seperti itu ya… saya hari ini selesai mengurus roya dan sukses menunggu antrian dipanggil sejak jam 9.00 sampai 11.30 setelah terselip orang yg lebih cerewet or galak dengan sering menanyakan saja ke mba mbanya status berkasnya.. kalau saya ya sabar aja dipanggil itupun baru dipanggil aja loh sedangkan berkas sy baru diperiksa di jam 11.20…setelah itu antri bayar…benar 50rb biayanya.

    • iya sangat sayang belum bisa merata pelayanan yg bisa baik tersebut ya, sharing juga tepat 14 hari dari saya menyerahkan berkas pengurusan roya saya belum selesai dengan alasan pejabatnya sedang cuti liburan… loh kok bisa ya dokumen saya kapan bisa saya ambil yg janjinya 10 hari saja, jawaban mba diloket tersebut coba aja rabu depan atau jumat atau lebih baik senin 2 minggu lagi(mengerikan) padahal saya menunggu mba pelayanan loket tersebut sejak jam 8 pagi akan tetapi mba loket datang dengan tenang pada jam 9.30 wib sangat aneh kedisiplinan kerja pelayanan publik jika seperti itu mengingat sudah cukup banyak orang yg menunggu sejak pagi setelah 1 jam menunggu untuk pengambilan berkas saya hanya jawaban itu yg saya dapat… akhirnya saya menanyakan ke loket informasi dan mereka memberikan nomer HP untuk pengecekan berkas saya agar nanti diperiksa sebelumnya apakah sudah selesai atau belumnya….waduh sejak saat itu saya terus kepikiran bagaimana nasib berkas saya ditangan pegawai-pegawai BPN tersebut… jujur saya khawatir sekali sejak saat itu

  3. Pingback: Surat Terbuka untuk Kepala BPN | wujud

  4. Saya sih sdh mencoba mengurus sendiri utk roya HT di BPN Medan, ternyata sesuai dengan yg mbak maya sampaikan. terima kasih atas infonya. tapi utk penyelesaian berkas, apakah mmg cuma 7 hari? saya gak sempat tanya krn buru2 pulang…

    • Sama-sama … kalo pengumuman yang ditempel di dinding malah 5 hari ya kan. Waktu itu saya baru sempat datang 2 minggu kemudian, Alhamdulillah berkasnya sudah selesai. Untuk memastikan baiknya kirim sms aja ke nomor yang dikasih waktu mengurus berkas, Mas.

  5. mbak…..mau tanya infonya nih…. pada saat pengambilan surat roya yang sidah selesai apakah sertifikat hak tanggungan aslinya di ambil BPN…? karena kmrn saya baru proses di BPN Cibinong, Sertifikat hak milik tanggungannya di ambil mereka…?

  6. ooh…okey….! kalo sertifikat sih sdh beres semua dgn cap sudah royanya… Ma kasih bnyk sdh share di sini yah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s