Si Cempaga, Bunga Kuning Kecil Merambat yang Cantik

Cempaga di atap gazebo

Di kolam renang dalam perumahan tempat kami tinggal, ada semacam gazebo yang dinaungi tanaman merambat yang berbunga kuning kecil-kecil. Kalau sedang berbunga penuh, cantiiik sekali.

Penasaran dengan namanya, gw menjelajahi internet. Pake keyword bahasa Indonesia ‘bunga kuning kecil merambat’ tidak membuahkan hasil! Setelah beralih menggunakan bahasa Inggris, baru ketemu deh. Heran juga yah, apa bunga ini tidak terkenal di Indonesia?

Ternyata namanya adalah … Tristellateia Australasiae. Nama bulenya Shower of gold climber. Atau di sini dikenal juga dengan cempaga. Jangan salah ya, beda dengan cempaka. Dalam satu tangkai bisa ada sampai 30-an bunga. Di salah satu site, ada catatan bahwa bunga ini ‘hard to find’! Wow, keren juga kalo club house kami bisa menanamnya … subur lagi. Tapi yah, gak tau juga ‘hard to find’ di mana, mungkin kalo di padang pasir sih pasti iya susah nyarinya.

Selain penasaran dengan namanya, gw juga pengen tau ada khasiatnya gak. Sapa tau bisa dimanfaatkan di saat-saat genting, kayak pohon dadap merah depan rumah kami itu. Tapi ternyata hasil pencarian gw tidak menemukan laman yang menyatakan khasiatnya. Well, paling tidak yang pasti gw tau fungsi utamanya yaitu meneduhkan (jika dirambatkan membentuk atap) dan menjadi obyek foto yang cantik untuk kamera gw🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s