Tips Mengurangi Pemakaian Kertas

Pohon Eucalyptus - Penghasil Kertas

Setuju gak kalo gw bilang salah satu kegiatan yang mendukung go-green adalah mengurangi pemakaian kertas? Setuju gak …? Yang setuju angkat tangaaaann … Yang gak setuju angkat kakiiii …. Yak bagus. Lari jauh jauh noh yang gak setuju🙂

Nah, banyak cara kok mengurangi kertas. Gak usah banyak teori deh, ini nih yang sudah gw terapkan sehari-hari. Mungkin sebagian juga sudah diterapkan pembaca yak.

1. Kalo di kantor sedang me-review dokumen gw selalu minta softcopynya untuk dikirim ke gw. Kalo sudah final baru boleh dicetak. Itupun kalo emang perlu dicetak. Kalo gak perlu-perlu amat gak usah dicetak deh. Apalagi kalo email, ngapain sih cetak-cetak email?

2. Kalo punya rekening bank atau kartu kredit segera daftar internet bankingnya. Jadi gak perlu dikirim cetakan rekening koran atau tagihan kartu kredit. Semuanya bisa dicek menggunakan internet bankingnya kan?

3. Kalo transaksi di atm pilih yang gak cetak slip. Lagian ngapain simpan slip kalo udah daftar internet banking?

4. Kalo perlu bersih-bersih sebisa mungkin pake lap ato serbet. Sehemat mungkin make tisu.

5. Perlu cek berita? Gak perlu langganan koran cetak. Cek aja web site korannya. Tapi khusus poin ini gw masih mengalah di akhir pekan masih dikirimin koran cetak, secara untuk hiburan bedinde-bedinde di rumah.

6. Kalau ada kertas tak berguna yang baru dipakai di satu sisi, jangan langsung dibuang. Manfaatkan sisi kosongnya untuk keperluan lain. Bisa untuk oret2an anak lagi belajar, atau untuk anak-anak menggambar juga bisa.

7. HP sekarang kan udah canggih-canggih. Banyak aplikasi-aplikasi untuk mencatat. Jadi kalo perlu mencatat sesuatu, gak perlu make kertas. Catet aja di HP. HP sendiri ya, jangan minjem HP orang laen.

8. Perlu mengarsip suatu hasil cetakan dokumen? Tidak perlu difotokopi. Cukup di-scan saja. Lagipula mencari dokumen dalam softcopy bisa lebih cepat dibanding mencari dokumen dalam tumpukan map-map yang sudah berdebu. Anda tidak bisa menekan Control+F di depan tumpukan map-map tersebut bukan?

Nah … Sementara itu dulu tipsnya. Kalo ada tips laen ntar disambung lagi.

Note: foto diambil dari www[dot]medanbisnisdaily[dot]com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s