Go Green – Say No to Plastic

Gw setuju dengan pernyataan ini: salah satu wujud sayang anak/cucu kita adalah dengan memelihara lingkungan supaya kelak di masa anak-anak kita dewasa mereka masih bisa merasakan planet bumi yang hijau. Salah satu wujud memelihara lingkungan adalah tentu saja dengan menjauhi musuh bumi. Salah satu musuh bumi adalah plastik, karena benda ini tidak dapat diurai. Nah, gimana cara kita mencegah penggunaan plastik?

Ini nih tips yang selama ini telah gw terapkan dalam kehidupan sehari-hari:
1. Bawa tas belanja sendiri. Ke mana-mana di dalam tas gw selalu membawa kantong kecil Dora Emon yang kalo dibuka bisa membawa paling tidak 2 kantong minyak 2 liter. Malah gw rasa bayi pun bisa muat dalam tas Dora Emon gw ini. Bayi semut, maksudnya.
Emang sih seringkali mbak kasirnya bingung lihat gw bawa tas sendiri. Jadi harus sabar menjelaskan. Anggap aja bagian dari edukasi juga.

Tas Dora Emon Sebelum Dibuka

Tas Dora Emon Setelah Dibuka ... Gede kan ... ayo masuk semua!

2. Kalo lagi ke pasar tradisional, gw selalu membawa tas belanja yang besar yang bisa muat banyak. Bisa muat lemari, bisa muat mobil, bahkan kalo bisa muat rumah.

3. Tas-tas kecil yang bisa dilipat selalu siap di mobil gw. Jadi kapanpun belanja bisa langsung dipake. Malah kalo lagi butuh tambahan uang gw bisa nyambi jadi kuli anak penjual tas yang suka nongkrong di pasar neror ibu-ibu belanja.

4. Kalo barang yang dibeli itu kecil, langsung masukin aja ke tas tentengan yang sedang dibawa, gak perlu pake plastik. Kalo perlu gak usah bayar dulu, diam-diam langsung aja masukin. Harus pede bilang ke penjualnya kalo kita gak mau pake plastik. Tatapan bingung penjualnya sudah sering gw hadapin sih. Jadi lagi-lagi harus sabar.

5. Pilih toko yang go-green. Yang gentengnya green, yang dindingnya green, yang penjaganya seragam green. Kalo di Medan, Home Centra adalah toko pernak-pernik rumah yang tidak memberikan kantong plastik ke pembelinya. Jadi setelah dibayar dimasukin ke troli lagi begitu saja atau dimasukin ke tas yang gw bawa. Kalo gak bawa tas pembeli juga bisa beli tas belanja di sana.

6. Kalo belanja bulanan di supermarket, minta barang-barangnya dimasukin ke kotak kardus, jangan diplastikin. Pilih kardus yang besar, jadi sekalian fitness kan waktu nggotongnya sendiri ke bagasi mobil. Langganan gw adalah Maju Bersama di mana kasirnya emang sudah terlebih dahulu selalu menawarkan untuk pake kotak sebelum menghitung belanjaan.

7. Kalo ada rencana membeli makanan kecil, bawa kotak makanannya sendiri dari rumah, jangan dibungkusin plastik. Hindari juga membeli air putih kemasan plastik. Lebih baik bawa air putih sendiri dari rumah. Nah jadi sudah tau kan isi mobil gw … ya ada tas-tas, ada kotak makanan, ada botol minuman … gw sudah bisa buka warung sendiri!

Memang sih mungkin bagi sebagian orang jadi sedikit ‘nambah kerjaan’. Tapi kan demi anak kita. Dan juga pastinya plastik di rumah gw sudah jauh berkurang. Dan Nadya pun sudah mulai ikut-ikut gw, kalo lagi belanja dia akan bilang ke penjualnya untuk tidak pake plastik dan lantas menyodorkan tas yang kami bawa.

Sayang anak … sayang anak … Sudah go-green kah kita hari ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s