Bagaimana Menyelesaikan Rubik’s Cube?

Alkisah di tahun 1980-an, hiduplah seorang anak kecil yang memiliki Rubik’s cube pemberian teman ibunya, yang berasal dari Inggris (yang dari Inggris yang mana, temen ibunya atau Rubik’s cube-nya? Dua-duanya. Kalau gak salah namanya Mr. John. Bukan, bukan John Lenon, bukan pula John Travolta … apalagi Jojon). Sang anak sangat penasaran bagaimana cara menyelesaikan kubus Rubik ini. Bolak balik kanan kiri, jungkir balik atas bawah (yang jungkir balik Rubik’s cube-nya bukan anaknya) … masih tidak terselesaikan. Okeh, selesai satu sisi, begitu akan menyelesaikan sisi lain sisi yang tadinya sudah OK malah jadi berantakan. Bagaimanakah caranya? Haruskan dia meneteskan air mata di pipi? *Deddy Dukun mode=on*

Alkisah di penghujung tahun 2010, hiduplah seorang ibu yang telah berhasil menyelesaikan Rubik’s cube untuk pertama kalinya dalam hidupnya. Dalam keremangan malam, sang ibu melompat-lompat riang.

Siapakah gerangan sang anak dan sang ibu itu? Tepuk tangan dulu dong. Eits, jangan lempar tomat yah. Lempar cabe saja, cabe lagi mahal. Sekilo mencapai 100 ribu. Kalo beras sekilo bisa 12 ribu. Ikan bawal 38 ribu. Ikan kembung 24 ribu. Kalo nawar dikit paling dapet 23 ribu. Kalo nawarnya agak kencang nanti dilemparin ikan busuk sama tukang ikan. Ini blog atau pasar? OK … fokus … fokus … Sudah cukup tepuk tangannya?

Baiklah … sang anak dan ibu itu adalah … sayaaaa! *Huh, kirain Ayu Azhari. Jangan kecewa pembaca, kalo dia kan pinternya memenjarakan anak. Ups … bakal dipenjarakan gak gw yah kalo dia baca ini?*

Ya, dendam itu terbalaskan sudah … setelah menunggu lebih dari 30 tahun lamanya, jendral! Gw penasaran banget dari kecil dulu gimana caranya menyelesaikan Rubik’s cube. Ternyata oh ternyata, bukan hanya kunci jawaban IPA yang bisa kita dapatkan, kunci Rubik’s cube juga tersedia. Gak jauh-jauh, kuncinya disediakan oleh produsennya sendiri, www.rubiks.com.

Jadi intinya ada 6 step. Secara ringkas yah, detilnya bisa dipelajari sendiri di site di atas tadi. Tapi kalo nanti mo nanya-nanya detil ke gw silakennn … gak bayar kok. Dihidangin pancake durian udah cukup. Tapi pancake duriannya dihidangkan dalam satu mobil baru. Mobil BMW boleh … mobil Jaguar juga boleh. Asal jangan mobilnya si Doel.

Sebelum Dioprek-oprek, ck ck ck ... berantakannya

Step 1, buat cross putih. Step 2, buat layer putih semua. Step 3, selesaikan dua baris di bawah layer putih. Step 4, kubusnya dibalik, buat cross kuning. Step 5, selesaikan layer kuning lalu pastikan cornernya sudah betul semua. Step 6, betulkan edge-nya. Jadi deehhh kubusnya … jadi apa? Ya jadi kubus! Puas banget rasanya!

Step by Step uh Baby - by New Kids on the Block

2 thoughts on “Bagaimana Menyelesaikan Rubik’s Cube?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s