Belajar dari Prita

Kasus Prita dan RS Omni International Tangerang sedikit banyak membuat gw berpikir tentang blog gw ini. Ada beberapa posting gw yang menjurus ke arah pencemaran nama baik (kalau mau dikatakan begitu). Misalnya curhat tentang pelayanan jelek di Index Furnishing, Hypermat. Walaupun gw masih bertanya-tanya apa bedanya sih curhat di blog, di email dengan di Surat Pembaca di koran-koran yang banyaknya minta ampun itu? Mengapa Prita? Bayangkan betapa cepatnya penjara penuh kalau semua orang yang curhat di Surat Pembaca di koran, di email, di blog masuk penjara? Mengapa setelah heboh Prita bisa bebas? Mengapa gak dari dulu? Semudah itukah hukum bisa dipermainkan?

Sekedar mengulangi, kasus Prita berawal dari emailnya yang curhat tentang RS itu, lalu tanpa disadarinya dan seijinnya email itu menyebar ke mana-mana. Gara-gara itu RS Omni berang dan Prita masuk penjara. Nah, di tabloid Nova ada tips untuk mencegahnya. Bukan … bukan mencegah email menyebar. Kalo itu mah sulit. Tapi paling tidak kita mempunyai kekuatan di mata hukum jika tulisan kita menyebar tanpa seijin kita. Ada ‘perangkat hukum’ yang disebut Disclaimer. Di Wikipedia artinya kira-kira adalah: pernyataan yang ditujukan untuk menentukan ruang lingkup hak dan kewajiban yang akan dijalani dalam suatu hubungan yang dikenal hukum. Waduh bingung sendiri yah apa tuh maksudnya? Gw kasih contoh aja, kadang-kadang waktu kita menerima email kan ada tuh tulisan di bawahnya ‘Disclaimer’ yang isinya kira-kira: email ini hanya untuk dibaca penerima, bukan untuk diforward ke orang laen. Nah, kalau sampe email itu menyebar ke komputer orang lain tanpa sepengetahuan kita, dengan adanya Disclaimer segala resiko itu bukan tanggung jawab kita lagi.

Nah, walaupun blog gw ini nggak ngetop tapi gw tetep merasa perlu memasang Disclaimer untuk blog gw. Jangankan berpisah dengan keluarga gw 3 minggu di penjara, seharipun gw gak mau! Dibaca yah di sini.

6 thoughts on “Belajar dari Prita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s