Pemanasan Global

Belakangan ini Medan panas bangeeet … Kami sekarang lagi di Brastagi aja udah gak sedingin dulu lagi. Kalo diibaratkan orang maka bumi ini lagi demam. Tau sendiri kan penyebab mengapa orang demam. Ya, biasanya karena ada infeksi di tubuhnya. Nah bumi kita juga begitu. Lagi infeksi. Infeksi kronis. Penebangan pohon di mana-mana. Pemborosan bahan bakar. Lapisan ozon jadi tambah tipis. Apa yang bisa kita lakukan untuk bumi ini?

Beberapa hari lalu gw nonton Discovery di mana ada tim yang mencoba melapisi es di kutub utara dengan lapisan khusus untuk mencegahnya mencair. Begitu concernnya mereka akan dampak dari pemanasan global. Gimana dengan gw? Gw masih pengen menikmati Brastagi yang sedingin dulu. Mungkin gw harus lebih menggalakkan penghematan energi di rumah gw. Mudah2an langkah kecil ini berguna buat bumi. Gimana dengan kalian?

4 thoughts on “Pemanasan Global

    • Iya ya … seperti kata Aa’ Gym kan … mulai dari hal yang kecil, mulai dari sekarang, mulai dari kita sendiri …

  1. Untuk mengurangi pemanasan global, mari kita kurangi CO2, baik dari kendaraan bermotor, listrik, ataupun industri. Saya membaca satu poster di salah satu industri elektronik besar di Bekasi, bahwa “setiap penghematan listrik 1 KWh = pengurangan CO2 sebesar 0,712 Kg”, berarti setiap orang bisa ikut aktif dalam mengurangi pemanasan global, paling tidak dengan menghemat pemakaian listrik setiap bulannya.
    Dari manakah penghematan signifikan yang bisa kita dapat? Menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu BUMN di gedung2 komersial, pemakaian mesin pendinginlah (AC, chiller) yang paling besar memakai daya listrik, sekitar 60-70% dari seluruh tagihan listriknya.
    Dan tahukah teman2 Mesin pendingin menggunakan Freon (CFC, HFC, HCFC) sbg bahan pendinginnya, didalam freon mengandung Chlor & Fluor. Chlor adalah gas yang merusak lapisan ozon sedangkan Fluor adalah gas yang menimbulkan efek rumah kaca. Global warming potential (GWP) gas Fluor dari freon adalah 510, artinya freon dapat mengakibatkan pemanasan global 510 kali lebih berbahaya dibanding CO2, sedangkan Atsmosfir Life Time (ALT) dari freon adalah 15, artinya freon akan bertahan di atsmosfir selama 15 tahun sebelum akhirnya terurai.

    • terima kasih untuk infonya … jadi kayak lingkaran setan yah … kita make AC karena cuaca tambah panas … sementara cuaca tambah panas karena pengaruh AC juga …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s