Hati yang Terluka

nadyaKemarin waktu lagi nonton tipi bareng Nadya, gw mencoba mengajaknya diskusi mengenai les Kumonnya. Maksud hati memotivasinya supaya lebih banyak mengerjakan PR-nya setiap hari. Les Kumon ini prinsipnya sang anak setiap hari mengerjakan work sheet. Setiap level ada 200 lembar worksheet. Berapa lembar sehari harus dikerjakan, itu tergantung kemampuan anak masing-masing. Dulu Nadya sanggup mengerjakan 10 lembar sehari, tapi tambah lama materinya bertambah berat dan terakhir kemaren Nadya minta cuma 2 lembar sehari kepada Miss-nya. Hal inilah yang membuat gw mencoba memotivasinya kembali agar lebih bersemangat dan meningkatkan jumlah lembar per harinya. Target Miss-nya adalah supaya di bulan Juli nanti Nadya berhasil mencapai dua level di atas level standardnya. Kalau bisa mencapai itu, ada penghargaan khusus yang diberikan (dan ehm, tentu saja kebanggaan khusus bagi sang Ibu). Saat ini Nadya sudah berada satu level di atas level standard. Tetapi kalo gw hitung-hitung, jika hanya 2 lembar sehari maka target itu tidak bisa terpenuhi.

Gw sadar betul bahwa Nadya mungkin sudah kecapean seharian udah sekolah, jadi gw gak akan memaksanya. Tapi sudah menjadi tugas gw untuk tetap memotivasinya.

Begitulah, gw mencoba mengajaknya bicara.

Tapi … Nadya pura-pura tidak mendengar, tidak merespon, sok asik nonton tipi.

Gw komplain, “Nad, kok Mama bicara gak didengarkan?” Masih gak ada respon. Gw tanya lagi.

Tiba-tiba dia menjawab ketus, “Mama kan suka begitu juga. Kalo Nadya ngomong Mama suka sibuk”

Ya Allah … hati gw begitu terluka mendengar perkataannya. Tapi lebih terluka lagi menyadari kalau gw sudah pernah melukai hati anak gw, mungkin berulang kali tanpa gw sadari, yang mengakibatkan hal itu begitu terekam di hatinya dan membuatnya membalas dendam itu ke gw.

Gw hanya bisa terdiam. Masuk kamar. Merenung. Berjanji dalam hati. Ini tidak boleh terjadi lagi. Tidak boleh.

Maafkan Mama ya Nad …

3 thoughts on “Hati yang Terluka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s