Jika Anak Gak Suka Makan Ikan

Pempek Ada'an

Pempek Ada'an

Nadya akhir-akhir ini gak suka makan ikan. Bahkan walaupun sudah dihidangkan ikan bawal yang dulu merupakan favoritnya. Untungnya, terlahir dengan darah Palembang mengalir di tubuhnya, Nadya sangat-sangat-suka pempek (yang terbuat dari ikan ituh).

Jadi, untuk mengatasi ketidaksukaannya pada ikan, salah satu cara adalah membuatkannya makanan selingan pempek.

Resepnya simple banget kok. Ini dari mertua yang asli Palembang dan jago bikin pempek.

Resep yang gw minta adalah pempek ada’an. Nah, tapi berhubung saking jagonya, mertua gw gak pernah menakar bahan-bahannya. Jadi rada susah juga … pake feeling …

Aslinya bentuk pempek ada’an itu bundar seperti bola. Tapi berhubung gw lebih mengutamakan gizi sehingga adonannya lebih banyak ikan daripada sagu (alaaa … alesannn), maka pempek buatan gw gak pernah bulat. Tapi ada juga alesan kuat lainnya waktu Nadya bertanya kok pempeknya gak bundar, Ma?

‘Ya itulah buktinya kalo pempek itu buatan Mama. Kalo bundar sempurna nanti Nadya gak percaya itu pempek buatan Mama …’

Bahannya:

Daging ikan tenggiri digiling – 1 kg

Air – sama banyak dengan daging ikan. Jadi kalau misalnya daging ikan 1 kg itu sebanyak 1 mangkok, maka airnya juga 1 mangkok

Tepung sagu – secukupnya (setelah gw coba, gak sampe ½ kg)

Telur – 3 butir

Daun bawang secukupnya – dirajang

Garam, gula – secukupnya

Satu lagi yang paling penting … 3 kg cinta …🙂

Caranya:

Daging ikan dicampur air sampai rata. Dicampur dengan telur, daun bawang, garam dan gula. Tuang sagu lalu diaduk. Jangan lama-lama ngaduknya, ntar jadi bantet (cukup sampai rata, sampai kira2 bisa digoreng seperti perkedel itu loh). Terus langsung digoreng deh.

Kalau adonan berlebih, bisa disimpen di lemari es. Pas mau dimakan tinggal digoreng. Karena pempek tuh enak dimakan kalo panas-panas.

Untuk saus cukanya: gula merah direbus lalu disaring. Dikasih gilingan cabe rawit, bawang putih, cuka, garam dan gula sampai pas rasanya.

4 thoughts on “Jika Anak Gak Suka Makan Ikan

  1. Bo, yg lemak tuh, ikan : air. = 2 : 1, sagunyo kiro2 400gr. Men nak bulat, dibulatkan pake tangan yg sdh terlebih dahulu dienjuk minyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s