1 Sholat = 20 menit

sholat

Ada manfaatnya juga ikut forum pertemuan ortu-staf pengajar sekolah Nadya yang dilakukan sebelum bagi rapot itu. Sebelumnya, walaupun gw tau sholat itu sifatnya sudah wajib bagi anak berumur 7 tahun ke atas tapi kami belum menerapkan hukuman apa pun untuk Nadya kalau dia meninggalkan sholat. Gw takut hukuman akan membuatnya merasa terpaksa dan malah ujung-ujungnya lebih malas melakukan sholat. Nah, di forum itu kepala sekolahnya bercerita waktu diwawancarai anak-anak untuk mengisi artikel di majalah sekolah, salah satu pertanyaannya adalah ‘Mengapa di sekolah sholat itu wajib sementara kami kalau di rumah jika tidak sholat tidak apa-apa?’ Karena tidak bisa menjawab pertanyaan itu dengan memuaskan, kepala sekolahnya melemparkan pertanyaan itu ke orang tua-orang tua yang hadir. Semuanya merasa tersindir … termasuk gw tentunya.

Gw langsung memikirkan bagaimana formulasinya ya supaya Nadya merasa sholat itu wajib tapi tanpa membuatnya merasa terpaksa melakukannya?

Salah satu bentuk hukuman yang gw terapkan ke Nadya adalah berdiri di halaman belakang selama beberapa menit setelah jam makan malam jika dia tidak menghabiskan makanannya. Tentu saja dengan syarat, makanan itu dia sendiri yang memilih porsinya. Intinya sih mengajarkannya tanggung jawab dan bersyukur. Kalo dia berani mengambil sebanyak itu, berarti dia berani menghabiskan sebanyak itu. Hukumannya tergantung seberapa banyak makanannya tidak habis. Makin banyak sisa makanannya, makin lama Nadya berdiri di luar. Sejauh ini kelihatannya berhasil sih. Kalau dia mulai mengeluh makanannya kebanyakan, gw ingatkan kalo hukuman berdiri di luar menunggunya. Akhirnya makanannya habis juga. Dan satu hal yang lebih penting lagi, di jam makan berikutnya Nadya menjadi lebih berhati-hati menakar porsinya, supaya tidak ada sisa makanan yang mubazir.

Akhirnya gw mencoba menerapkan hukuman yang sama kalo Nadya gak sholat. Kali ini kesepakatannya adalah meninggalkan 1 waktu sholat = berdiri 5 menit di halaman belakang setelah jam makan malam. Gw memanggil Nadya dan mengajukan kesepakatan itu.

DEAL.

Malam pertama, Nadya meninggalkan sholat Isya, Subuh, Zuhur dan Ashar! Jadi hukumannya 20 menit di luar. Sejauh ini aman-aman saja.

Besoknya … ehm, gw yang nggak sholat Ashar karena lupa, kebablasan jalan-jalan di Sun Plaza. Dan nasib … Nadya menuntut hukuman yang sama!

Hiks! Demi menjunjung tinggi asas keadilan, gw pun sepakat kalo gw gak sholat maka gw pun dihukum berdiri di luar. Tapi dasar Nadya cerdik, dia menuntut harusnya hukuman gw lebih lama karena umur gw lebih tinggi (sebenernya lebih supaya gw bisa lebih lama menemaninya di luar). Akhirnya disepakati, kalo gw yang meninggalkan sholat maka gw berdiri selama 20 menit! Hitung-hitungan Nadya adalah gw berumur 4x lipat dari dia … ah pasti karena gw baby face yak (hueks). Karena sesungguhnya umur gw hampir 5x lipat umur Nadya.

So … malam itu … berdirilah kami berdua di malam yang dingin … ditemani nyamuk-nyamuk nakal (tentu saja Nadya pake lotion pencegah nyamuk).

Sampe sekarang kelihatannya hukumannya belum berhasil … Nadya masih belum bersemangat untuk sholat. Padahal gw juga udah mengiming-imingi hadiah kalo dia gak dapet hukuman untuk satu malam.

Nanti deh … di-review lagi … kalo sampe dua minggu masih begini-gini aja, mungkin hukumannya harus lebih ditingkatkan lagi. Mungkin dengan cara mematikan lampu waktu dia berdiri di luar (hiiii … atuuutt … Mama kejam sekali)? Mungkin dengan menambahkan menitnya? Mungkin dengan menutup pintu belakang (untuk menambah efek dikucilkan)? Atau mungkin dengan mengirimnya ke halaman belakang tetangga?

3 thoughts on “1 Sholat = 20 menit

  1. Pingback: Berhasil! « The Chronicle of Wiek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s