Ternyata Pohon Dadap Merah Banyak Khasiatnya

Dadap Merahku

Udah liat postingan ‘tamu’ gw sebelumnya, yang menceritakan pohon kesayanganku ituh? Ternyata pohon yang telah setia menemani rumah kami itu namanya pohon dadap merah (iya rada sombong yah, sudah menemani sekian lama baru berkenalan sekarang). Memang sesuai dengan warna bunganya yang merah. Nama binomialnya Erythrina variegata dari Famili Fabaceae/Leguminosae. Kalo nama bule-nya Tiger’s Claw.

Hasil pencarian gw di wikipedia menunjukkan bahwa pohon ini banyak khasiatnya di antaranya untuk memperbanyak ASI (air susu ibu), membuat tidur lebih nyenyak, dan bersama dengan bunganya untuk melancarkan haid. Cairan sari daun yang dicampur madu diminum untuk mengobati cacingan; sari daun dadap yang dicampur minyak jarak (kasteroli) digunakan untuk menyembuhkan disentri. Daun dadap yang dipanaskan digunakan sebagai tapal untuk meringankan rematik, juga sakit perut. Pepagan (kulit batang) dadap memiliki khasiat sebagai pencahar, peluruh kencing dan pengencer dahak. Namun, bijinya agaknya beracun. Hmm … perlu diwaspadai nih kalo sampe bijinya jatuh, ntar dimain-mainkan anak-anak kan bahaya. Tapi Alhamdulillah sejauh ini gw belum pernah menemukan bijinya, yang katanya berbentuk polong. Kalo bunganya sih buanyaaak … sampe-sampe halaman kami jadi bed of tiger’s claws.

Bed of Tiger's Claws

Nah entah kenapa kebetulan minggu lalu misua gw sakit perut. Fajar-fajar misua gw terbangun dan kesakitan. Langsung aja deh gw praktekkan, memetik daun dadap depan rumah gw itu, melayukannya di atas api, lalu menempelkannya di perut misua sebagai tapal. Misua tercinta bilang sakit perutnya mereda! Dan gw tau misua gak berkata begitu hanya untuk menyenangkan hati gw karena setelah pake tapal misua bisa tidur nyenyak sampai pagi. Hmmm … gw tambah sayang deh sama mas Dadap itu.

Cinta terlarang antara aku dan mas Dadap

Selain fungsi kesehatan pohon ini juga mengundang burung-burung dan mencegah polusi. 

Persahabatan Dadap dan Burung

Memiliki kandungan protein (dan nitrogen) yang tinggi, daun-daun dadap juga dimanfaatkan sebagai pakan ternak atau untuk pupuk hijau. Apalagi yah? Ohya … tentu saja … pohon ini berfungsi sebagai peneduh. Anak-anak tetangga, teman main Nadya dan Rifky senang sekali ‘mangkal’ (emangnya tukang ojek) di bawah pohon ini. Sesekali di siang hari yang terik ada mobil tamu tetangga yang numpang parkir berteduh di bawah pohon itu.

Dadap Merah dan Langit Biru

Begitu gw memberitahu informasi ini ke Rifky, Rifky seperti bertambah takjub sekali dengan pohon ini. Rifky langsung mengusulkan gw untuk mencatat semua hal itu dan menempelnya di pohon supaya semua orang tahu! :)

Rindangnya mas Dadap

About these ads

6 thoughts on “Ternyata Pohon Dadap Merah Banyak Khasiatnya

  1. Pingback: MACAM MACAM RUPA RUPA | ciseruamansion

  2. Pingback: Tulisanku Dijiplak Orang: Etika Menulis | The Chronicle of Wiek

    • Kalo resep pastinya kurang tau. Tapi biasanya sih ramuan2 tradisional itu kan cukup dipetik (daun dan bunganya), direbus trus diminum, hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s